Sabtu, 14 Januari 2012

PEMBELAJARAN KOOPERATIF


Pembelajaran kooperatif merupakan istilah yang mengacu kepada metode pembelajaran dimana siswa dari semua tingkat kemampuan bekerja bersama dalam kelompok-kelompok kecil terkait dengan suatu tujuan belajar. Fitur esensial dari pembelajaran kooperatif adalah bahwa keberhasilan dari seorang siswa akan membantu siswa lainnya untuk mencapai keberhasilan.



Beberapa hal yang diharapkan terjadi melalui pembelajaran kooperatif adalah:
1.    siswa akan menghasilkan ide yang lebih banyak dan lebih baik
2.    siswa akan memecahkan permasalahan lebih cepat
3.    siswa menghasilkan solusi yang lebih baik
4.    siswa akan lebih produktif
5.    siswa akan lebih bersahabat, suka membantu, dan memiliki perhatian terhadap lainnya
6.    siswa meningkatkan perilakunya dalam pemecahan permasalahan

Temuan-temuan menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif telah meningkatkan hubungan yang positif antar individu. Individu-individu yang bekerja bersama untuk suatu tujuan, telah membuat mereka belajar sebagaimana yang lainnya. Kekuatan menonjol dari pembelajaran kooperatif adalah pencapaian hasil yang positif, memperbaiki hubungan antar siswa, dan meningkatkan prestasi belajar. Apek lain dari pembelajaran kooperatif adalah penggunaan yang mudah. Secara keseluruhan pembelajaran kooperatif akan meningkatkan pengalaman pendidikan dari banyak siswa, dan hal demikian akan terus berlanjut.

Referensi
Slavin, Robert E., 1991, Synthesis of research on cooperative learning, Educational Leadership, February 1991, 48(5), 71-82.

Stahl, Robert J., dan Van-Sickle, Ronal L., 1992, Cooperative Learning in the Social Studies Classroom, National Council for the Social Studies, Washington DC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar